NA

Tahapan Penelitian : Awal
Sponsor:
Mitra Pelaksana:
RSUP Fatmawati - RSCM
No Registry
INA-4E24W1E
Tanggal Input Registry : 31-12-2016

31-12-2016
Pengobatan antibiotik terhadap infeksi saluran kemih bagian atas yang disertai pemberian vitamin E sangat bermanfaat mencegah parut ginjal setelah pemberian vitamin E pada balita yang menderita infeksi saluran kemih bagian atas yang diberikan bersamaan dengan antibiotik selama 10 hari.
NA
 
NA
Mekanisme peran alpha tocopherol terhadap inflamasi dan stres oksidatif pada febrile urinary tract infection
Observasional
Pasien dibagi dalam 2 kelompok A dan B (setelah randomisasi) masing-masing mendapatkan obat sesuai pengelompokaan subyek selama 10 hari. Vitamin E menggunakan Santa E chewable caplet suatu DL-alpha-tocopheol dengan dosis 40 UI/hari (setara dengan Santa E 40mg) satu kali sehari yang dibuat dalam bentuk puyer. Placebo menggunakan sakarin dengan dosis dan dibuat salam bentuk puyer yang serupa dengan Santa E.
40
 

Inclusion Criteria:

Anak usia 0-60 bulan dengan febrile UTI yang ditandai dengani klinis : gejala demam (>38.5 C) tanpa disertai gejala infeksi lain. Darah lengkap: leukositosis > 10.000/uL. CRP kuantitatif (+) yaitu > 0.1mg/dL. Urinalisis: leukositoria dan/atau leukosit esterase (+) dan/atau nitrit (+). Kultur urin ditemukan single colony > 100.000 unit per koloni per unit.

Exclusion Criteria:

Pasien dengan ISK berulang. Pasien dengan ISK kompleks serta kelainan kengenital lain. Penderita ISK dengan penyakit gangguan perdarahan. Pasien ISK yang telah mendapat pengobatan antibiotik selama 2 hari atau lebih.Pasien dengan keganasan atau dalam keadaan imunokompromais. Orangtua menolak pemeriksaan.
 
NA
NA
NA
NA
DR.dr. Bobby Setiadi Dharmawan, SpA